Orinet. Powered by Blogger.
Tag: ,

Cara copy isi IC flash ROM ( NOR ) kedalam komputer.

Berikut adalah cara sederhana menggunakan NOR PROGRAMER TOOLS software bawaan PROMAN PROGRAMMER / TL86 - PLUS.

CARA COPY IC NOR.

1. Pasang Soket TSSOP kedalam programer, kemudian pasang IC kedalam soket dan hubungkan dengan komputer dengan kabel USB.
2. Jalankan Software " NOR Programer Tool " maka akan muncul tampilan di bawah ini.



3. Dari gambar di atas bisa dilihat tombol Detect ( tombol ini akan mendeteksi secara otomatis ic yang kita pasang pada soket ), dalam hal ini yang penulis pasang adalah IC tipe S29GL128P ****.
Pada waktu kita pencet tombol detect maka otomatis akan muncul dengan berbagai keterangan di bawahnya. Jika muncul tulisan Unknow bisa berarti IC yang kita ingin copy rusak atau hanya kurang pas pemasangannya, ( pastikan kaki2 ic bersih dan lurus supaya bisa terdeteksi ).

4. Tipe IC sudah terdeteksi dan langkah selanjutnya adalah klik tombol FILE TO READ, Akan muncul jedela dimana kita  diminta menentukan lokasi dan mengisi nama hasil copy di simpan. klik SAVE untuk melajutkan.

5. Klik tombol Read untuk mulai membaca isi IC NOR dan nantinya akan menyimpan otomatis ke lokasi folder yang sudah kita tentukan sebelumnya, Tunggu sampai beberapa waktu sampai muncul tulisan Reading Successfully. Sampai langkah ini bisa di artikan kita sudah sukses mencopy IC NOR kedalam komputer kita, File yang di simpan berupa file .BIN ( Silahkan buka folder dimana anda menentukan lokasi  penyimpanan pada langkah no 4.

6. Untuk memastikan file yang baru saja kita Copy valid maka anda perlu klik tombol Verify After Read, Jika hasil yang kita copy sama persis dengan isi IC maka akan muncul Tulisan Verify Successfully.




Sampai langkah ini maka anda sudah berhasil mencopy ic nor kedalam komputer yang nantinya kita bisa gandakan kebanyak IC dengan tipe yang sama.