Belajar Internet Melalui Istilah Internet

Belajar Internet Melalui Istilah Internet
Onno W. Purbo

Salah satu cara belajar yang paling sederhana tentang segala sesuatu adalah melalui pengertian / penjelasan panjang lebar tentang berbagai istilah yang berkaitan dengan bidang tersebut.

Kita cukup beruntung di Internet terdapat jasa per-istilah-an Internet yang berlokasi di http://webopedia.internet.com. Terus terang, saya sering kali belajar sendiri dengan cara mencari keterangan tentang istilah yang tidak saya mengerti di situs http://webopedia.internet.com ini. Lebih nikmat lagi, akses ke situs ini adalah gratis tidak perlu membayar sepeserpun.

Pada beberapa gambar yang saya sertakan di tampilkan tampilan muka dari situs Webopedia tersebut. Pada tampilan muka yang paling menonjol sangat mirip search engine di Internet dimana kita bisa memasukan istilah yang kita tidak mengerti ke tempat yang telah di sediakan dan jangan lupa klik tombol GO. Di samping istilah, webopedia juga menyediakan fasilitas bagi anda yang ingin mencari ilmu / istilah dalam kategori tertentu.

Di sebelah kanan homepage tertera daftar beberapa istilah yang paling top / yang paling sering dicari orang di Internet. Hal ini akan memudahkan bagi para pemula di Internet untuk tidak jauh-jauh mencari istilah. Di samping itu, webopedia juga menyediakan fasilitas untuk berlangganan newsletter melalui e-mail yang menjelaskan istilah baru; dalam bahasa inggrisnya term of the day newsletter.

Di sebelah kiri homepage webopedia, terdapat beberapa menu pendukung operasi webopedia seperti, Term of the Day, New Terms, New Links, Quick Reference, Search Tool, Webopedia Jobs & Advertising. Tampaknya internet.com sendiri sebuah portal yang mempunyai banyak sekali aktifitas lainnya di samping webopedia hal ini dapat dilihat juga pada kiri bawah.

Jika kita telah memasukan istilah yang kita cari maka akan muncul sebuah layar yang menjelaskan definisi / penjelasan tentang istilah tersebut secara sederhana. Tampak pada gambar saya memberikan contoh penjelasan istilah internet telephony.

Penjelasan yang diberikan oleh webopedia tidak hanya terbatas pada definisi saja, tapi dibawahnya juga dijelaskan berbagai link ke berbagai situs lainnya di internet yang berkaitan dengan informasi dari istilah kita tanyakan. Dengan demikian kita dapat dengan mudah mencari lebih lanjut penjelasan yang lebih mendalam tentang istilah yang kita cari tersebut.

Pada kolom sebelah kanan ada dua (2) daftar yang dapat di klik lebih lanjut yaitu (1) kategori yang berkaitan dengan istilah yang dimaksud dan (2) daftar istilah-istlah lain yang terkait dengan istilah yang kita cari tersebut. Melalui ke dua daftar ini, kita dapat memperluas pemahaman kita akan berbagai istilah & ilmu yang berkaitan dengan bidang di internet yang sedang kita dalami tersebut.

Ada satu hal yang mungkin agak menyulitkan bagi sebagian orang Indonesia, semua istilah & penjelasan yang ada tertulis dalam bahasa Inggris. Semoga tidak terlalu menjadi beban.