Orinet. Powered by Blogger.
Tag:

manfaat limbah kain atau limbah garment

Kain limbah atau kain yang di buang oleh perusahaan garment ternyata mampu menghasilkan lebih dari yang kita banyangkan. memanfaatkan limbah menjadi produk baru bisa di bilang keahlian dari rakyat kita.
Kain limbah biasanya berbentuk potongan-potongan kecil tak beraturan dan miliki warna yang beragam, limbah garment biasanya mudah di dapat bagi mereka yang berkerja di pabrik garment, berikut adalah cerita dari teman saya yang sukses memanfaatkan limbah kain menjadi produk yang memiliki nilai jual yang tinggi.

Teman saya adalah karyawan biasa di perusahaan garment di jawa tengah, namun ketika ia pulang kerja dia melakukan kegiatan yang aneh menurut saya yaitu mengumpulkan sampah dari pabrik tersebut dengan cara membeli, saya sempat berfikir bahwa sampah kok di beli....!!!
singkat cerita sampah kain itu kemudian ia bawa pulang kemudian di pisah-pisahkan menurut masing-masing warna. dan itu dilakukan setiap hari, saya sempat bertanya kepada teman saya, untuk apa kain-kain itu ??? teman saya hanya bilang "rahasia".

Ternyata selang beberapa bulan kemudian saya mampir kerumah teman saya tersebut dan saya keget ketika saya menemukan banyak boneka, pernik-pernik yang terbuat dari kain, gantungan kunci, kain pel, sampai tas yang berwarna-warni, dan anehnya semua baru dan terbungkus plastik rapat-rapat, saya sempat berfikir kalau dia membeli barang-barang tersebut untuk di jual kembali.

Ternyata saya salah, barang-barang bagus tersebut adalah hasil dari kain sampah yang ia kumpulkan beberapa bulan yang lalu, dan dia mencoba membuat boneka dan lain sebagainya setelah pulang dari kerja. aneh hanya bermodal mesin jahit tua dan limbah dari industri sekarang ia mampu membangun toko atau kios aksesoris yang terbilang cukup lengkap dan banyak pengunjungnya.

Menurut cerita dari teman saya, kain limbah bisa di buat menjadi 400 jenis produk jadi misal kain pel, tempat pencil, boneka, tas, dompet, celemek, tatakan gelas, wah pokoknya banyak banget jenisnya. dan dia orang yang benar-benar tekun dan terkenal sabar.

ini merupakan contoh kecil dari kesuksesan seseorang yang tidak harus di molai dengan sesuatu yang besar atau hebat, memanfaatkan limbah bukan hal yang menjijikkan justru hal yang patut dilakukan untuk menjaga lingkungan kita agar tetap bersih dari menumpuknya sampah-sampah. dan dengan peralatan seadanya, yang paling penting adalah kreatifitas kita dan semangat kita yang pantang menyerah. ( semoga bisa memberikan inspirasi untuk anda semua )