jumlah modal untuk usaha warnet

Membangun warnet ?? jumlah modal yang di butuhkan dan prospek kedepannya. artikel ini saya buat menurut pengamatan pribadi saya dan penelitian yang saya lakukan bersama teman teman tahun lalu. sebelumnya minta maaf kalau ada salah tulis.

pada tahun awal tahun 2008 tahun lalu saya bersama teman-teman ingin membangun sebuah usaha, karena kami baru belajar usaha akhirnya kami melakukan penelitian di lapangan untuk mencari jenis usaha apakah yang bagus untuk tahun ini dan bagus pula prospeknya untuk beberapa tahun kedepan, saya dan kedua teman saya akhirnya memutuskan untuk keliling kota mencari bisnis apa yang sedang ramai hari ini, dan sekaligus mencari lokasi kontrakan untuk usaha kami, muter-muter kesana kemari sambil bingung melihat kanan-kiri melihat sebuah kios jualan pulsa yang sedang ramai pelanggannya, sempat terpikir dalam hati bahwa ini mungkin adalah bisnis yang cocok dan memiliki prospek yang bagus karena HP sekarang sudah murah dan hampir semua orang memiliki HP.

Kami bertanya kepada pemilik kios tersebut tentang modal, laba, cara memulai dan prospeknya, pemilik kios menjelaskan dengan gamblang dan tanpa ragu-ragu dia menyebutkan bahwa usaha ini mungkin tidak berjalan lama karena persaingan harga semakin ketat.

Singkat cerita, saya memiliki pandangan bahwa usaha warnet seperti kita jualan pulsa, perbedaannya hanya jumlah modal dan cara penanganan-nya. seperti halnya dulu ada wartel yang sekarang sudah di lindas oleh cellular. Kisaran modal yang di butuhkan untuk membangun usaha warnet adalah sebagai berikut.

Misal Rencana untuk 10 komputer.

  1. komputer pentium 4 lengkap harga Rp 2.000.000 / buah x 10 = Rp 20.000.000
  2. kabel UTP 2 pack, hub, PC router = Rp 4.000.000
  3. skat untuk bilik berserta meja Rp 200.000 x 10 = Rp 2.000.000
  4. peralatan listrik Rp 4.000.000
  5. daftar ke provider via ADSL Rp 75.000
  6. sewa tempat Rp 6.000.000-8.000.0000 / tahun
Bisa anda banyangkan berapa jumlah yang harus di keluarkan, walau hanya garis besarnya saja sudah menghabiskan puluhan juta belum termasuk biaya opersionalnya yang tinggi, terutama untuk bayar provider.

Saya berpendapat ini bukan sebuah peluang usaha yang bagus, sekarang saja warnet sudah banyak sekali hampir di setiap 300meter ada warnet, memang di desa-desa masih sepi, tapi siapa juga yang mau pakai kalau di desa banyak petaninya, masak petani di suruh pake internet ?? kalau petani modern ya ok ok aja, tapi rata-rata yang mereka butuhkan saat ini bukan internet.

Terus usaha apa yang bagus selain warnet, ....Menurut saya karena kebetulan basic saya adalah TI maka saya menganjurkan untuk usaha online marketing atau bisa di sebut juga bisnis online, memang untuk masyarakat kita pemahaman bisnis online masih belum matang contohnya saya sendiri, tapi di lihat dari contoh yang pernah saya lihat, banyak para blogger, webmaster yang bisa mendapatkan puluhan juta per bulan hanya dengan mengetik sebuah artikel atau membuat websites.

bahkan bagi mereka yang sudah master tinggal duduk manis menunggu uang tanpa banyak kerja, tanpa harus bangun pagi, tanpa harus di marahi boss, memang sekilas terasa menggiurkan, perlu anda ketahui, bisnis internet tidak harus di molai dengan modal uang, bahkan dapat juga di malai dengan kepandaian dan ketekunan kita.

memang tidak semudah yang kita bayangkan, semua usaha di butuhkan kerja keras, namun invertasi kita untuk bisnis internet cukup kecil dengan resiko yang minim, anda dapat memulai bisnis anda tanpa harus membayar atau membeli sebuah buku, anda bisa mendapatkan dengan gratis semua petunjuk di GOOGLE.

Saran saya untuk pemula adalah jangan mengeluarkan uang untuk mendaftar di web manapun, mulailah dengan resiko paling kecil, karena banyak penipu dimana-mana. kecuali anda mengeluarkan uang untuk sewa hosting atau domain. banyak yang sukses hanya bermodal kerja keras dan tekun.

Namun bukan tanpa modal sama sekali, ada modal yang harus di keluarkan terutama pemakaian internet anda walau di rumah atau di warnet kan harus tetap bayar, kemudian listrik untuk komputer anda, kemudian ongkos untuk beli kopi + rokok, dan juga ongkos untuk tukang pijat jika anda capek mengetik artikel.

Ada bermacam-macam usaha untuk mendapatkan uang dari internet, contohnya adalah:
  • menulis artikel sesuai topik yang kita kuasai ( dibayar dengan dollar )
  • menulis komentar pada website juga di bayar
  • memasang iklan di website atau blog.
  • melakukan klik iklan.
  • menjual barang lewat internet.
intinya masih banyak peluang yang terbuka lebar untuk bisnis online, ada yang halal ada juga yang haram, ada yang instan ada juga yang lamban semua ada caranya. untuk itu saran saya belajarlah dan molailah mencari artikel-artikel di internet ( yang gratis aja ) atau bisa juga bertanya kepada master-master yang sudah berhasil. kesimpulannya adalah jangan memulai usaha warnet jika anda belum berpengalaman atau baru pertama kali, usaha warnet di butuhkan modal dan tenaga yang besar.