Cara Mempercepat Download

Cara mempercepat download memang hal yang sulit karena kecepatan download tergantung dari penyedia jasa layanan internetnya atau ISP, namun kali ini saya akan membahas tentang hal-hal yang bisa memperlambat download di komputer anda, logika sederhana adalah sebagai berikut : Donwload software disini

Misal ada berlangganan menggunakan telkomnet instan, rata-rata telkomnet instan memberikan kecepatan sekitar 20kbps dan anda ingin men-download sebuah program yang besar kapasitasnya adalah 80kb maka seharusnya waktu yang di butuhkan untuk download adalah 80 / 20 = 4 s / detik, tapi ternyata waktu yang di butuhkan lebih dari itu karena ada beberapa alasan sebagai berikut:

  1. Ada program yang secara otomatis menggunakan internet untuk koneksi keluar misal antivirus, antivirus yang di setting auto update akan secara automatis menggunakan koneksi internet anda untuk mendownload update databasenya, maka secara tidak langsung akan dapan memperlambat download anda.
  2. Koneksi internet yang naik turun, biasanya koneksi internet yang menggunakan dial-up modem memiliki kecepatan tidak tetap dan kadang kala naik turun secara drastis tanpa anda sadari.
  3. Komputer anda terkena virus, dalam kasus ini jika komputer anda terkena virus bisa mempengaruhi kecepatan komputer anda dan secara tidak langsung dapat memperlambat koneksi internet anda bahkan di beberapa kasus internet tidak bisa di gunakan sama sekali.
  4. Terlalu banyak program yang sedang aktif di komputer anda.
Yang saya sebutkan di atas adalah contoh kecil dari hal-hal yang mempengaruhi kecepatan internet anda, solusi yang tepat jika anda mengalami hal yang seperti saya sebutkan di atas adalah dengan mematikan semua program auto update, gunakan antivirus yang ringan dan tidak memperlambat komputer anda, matikan program yang tidak di gunakan pada waktu anda sedang download, cek kecepatan yang anda dapatkan dari ISP apakah naik-turun atau stabil, yang terakhir adalah gunakan tools atau downloader seperti flashget (gratis) karena anda akan dapat dengan mudah mengatur penggunaan bandwith internet anda.