cara aman menggunakan internet

cara aman menggunakan internet ? amankah kita dari para pencuri identitas pribadi di internet ? dan bagaimana antisipasi untuk mengatasi hal itu. artikel ini akan menjelaskan sedikit tentang cara mana menggunakan internet di warnet dan di rumah. sebelum kita molai ada baiknya anda mengetahui Spyware dan cara kerjanya.

Spyware merupakan program, cookies, atau masukan registry yang digunakan oleh orang-orang yang memiliki kepentingan dalam pemasaran yang mana akan mengirimkan data-data kegiatan kita selama berselancar di dunia maya. Spyware merupakan alat cerdik yang dimanfaatkan para pengusaha di internet biasanya untuk memasarkan usahanya.

Spyware generasi baru sudah mampu menggabungkan antara program keylogger dan mampu mengirimkan secara otomatis informasi yang ada dalam komputer kita, misal yang kita ketik di komputer, atau pada waktu kita mengetikkan password atau Pin dari kartu kredit. keylogger bisa merekam semua kegiatan atau aktifitas pada waktu kita menggunakan internet kemudian akan mengirimkan rekaman tersebut kepada pembuatnya.

spyware biasanya masuk dalam software-software yang kita dapat dari internet secara gratis, mereka nebeng dari software yang kita install di komputer sehingga tidak terdeteksi seperti virus biasa. memang belum banyak antivirus atau spyware remover yang mampu mendeteksi semua spyware yang ada di internet, yang bisa kita lakukan adalah dengan antisipasi dan hati-hati sebelum kita istall software ke komputer kita.

langkah pertama adalah dengan menginstal firewall di komputer anda, anda bisa mendapatkan firewall dari internet secara gratis misal comodo firewall hal itu mungkin akan lebih banyak membantu anda untuk menyimpan rahasia dari komputer anda.

hindari masuk kedalam situs-situs yang mencurigakan, misalnya adalah banyak situs di internet yang menggandung porno di temukan di dalamnya terdapat sebuah virus, spyware, worm yang akan masuk secara otomatis jika anda membuka situs tersebut atau melakukan klik pada situs tersebut.

hindari memasukkan informasi rahasia di dalam komputer anda, misal pin dan lain-lain, dan selalu update antivirus yang ada di komputer anda. pada saat melakukan browsing gunakan software untuk filter situs internet, hal itu akan banyak membantu untuk menyaring situs-situs yang merugikan untuk anda.

jangan percaya pada antivirus apapun, selalu backup komputer anda secara berkala dan selalu waspada akan tawaran yang menarik yang biasanya ada di dalam websites atau internet karena secara logika tidak ada hal yang mudah untuk mendapatkan sesuatu yang besar.

langkah terakhir adalah, jangan terlalu lama membaca artikel ini karena akan berakibat buruk di antaranya adalah, ada lelah, kemudian timbul bosan, terus mengumpat jelek, dan sebagainya. jadi silahkan tutup blog ini dengan damai.