Bagaimana WiMAX dapat digunakan untuk Broadband Wireless Access













Penerapan WiMAX yang diberikan adalah sebagai berikut:

1. Perumahan dan SOHO High Speed Internet Access.

untuk pasar perumahan dan SOHO adalah DSL Cable Internet dan teknologi. Teknologi ini telah membentuk keberadaan pasar, dan telah dibuktikan memenuhi kebutuhan dari pemukiman dan SOHO . WiMAX menyediakan alternatif metode akses yang ada, dimana tidak layak untuk menggunakan DSL atau Cable Internet. Typical aplikasi akan di daerah terpencil di mana tidak layak secara ekonomis memiliki DSL atau Cable Internet. WiMAX juga diharapkan untuk lebih dapat diandalkan karena sifat komunikasi nirkabel antara pelanggan dan lokasi stasiun pangkalan. Hal ini berguna di negara-negara berkembang dimana kehandalan dan kualitas saluran komunikasi infrastruktur sering mengalami gangguan.

2. Bisnis kecil dan sedang.
WiMAX adalah WBA yang juga cocok untuk menyediakan kehandalan dan kecepatan untuk memenuhi persyaratan ukuran kecil dan usaha menengah di lingkungan kepadatan penduduk rendah. Satu kerugian dari WiMAX adalah keterbatasan, dengan kata lain terbatasnya bandwidth nirkabel. Untuk digunakan di daerah-daerah kepadatan tinggi, mungkin saja bandwidth tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan yang besar klien.

3. WiFi Hot Spot Backhaul.
Satu lagi tempat konektivitas WiMAX untuk konektivitas WiFi hot spot. Pada saat ini, ada beberapa fasilitas hotspot WiFi dan WiMAX backhaul menyediakan solusi nirkabel penuh ke jaringan nirkabel ini.

Perbedaan WiFi dan WiMAX adalah kecepatan dan jarak jangkauan. WiFi memiliki khas bandwidth 2MBps sedangkan WiMAX dapat memiliki bandwidth hingga 75MBps. Cakupan juga berbeda untuk jarak yang sangat luas. J WiFi Hotspot biasanya mencakup radius beberapa ratus kaki (beberapa ratus meter), sedangkan yang praktis WiMAX dapat mencakup hingga jarak 10 km (6 miles). Salah satu kemungkinan aplikasi dari MAN adalah link ke beberapa jaringan WiFi bersama WBA (Broadband Wireless Access) yang menggunakan teknologi WiMAX.