Orinet. Powered by Blogger.
Tag:

Cara menggandakan IC Flash ROM ( NOR )

Berikut adalah cara menggandakan IC Flash ROM ( NOR ) dengan software PROMAN PROGRAMMER TOOL.

Pada artikel sebelumnya saya sudah membahas bagaimana menggambil data dari ic Flash ROM dan menyimpan hasil copynya kedalam komputer, file yang tersimpan beformat .BIN, maka dalam artikel ini bagaimana cara menggandakan / cloning isi ic tersebut ke tipe yang sama.

1. Masukkan soket TSSOP kedalam Programmer dan pasang ic yang baru kedalam soket kemudian hubungkan programmer ke komputer menggunakan kabel USB.

2. Jalankan Software PROMAN PROGRAMMER TOOL. Hingga tampil seperti gambar dibawah ini.

  

 3. Langkah selanjutnya klik tombol Detect, Jika berhasil mendeteksi IC yang kita pasang maka akan muncul keterangan di kolom teks sebelah kanan. sesuai dengan tipe IC dan kapasitasnya, Jika muncul tulisan Unknow bisa berarti IC yang kita pasang rusak atau pemasangannya kurang pas. Pastikan kita teliti dalam kebersihan pada kaki2 IC tersebut.

4. Klik tombol File To Program, Akan muncul jendela baru dimana kita diminta memilih file .BIN mana yang ingin kita program kedalam IC. jika sudah ketemu klik nama filenya kemudian klik tombol OPEN.

5. Meski IC yang kita pasang masih baru dan kosong, langkah awal biasanya saya tetap menghapus dulu isi ic untuk memastikan IC benar2 kosong, untuk itu klik tombol EraseChip, tunggu sampai proses selesai. dan akan muncul tulisan successfully.

6. Langkah ke enam adalah memulai memamsukkan / atau memprogram IC dengan cara klik tombol Program. tunggu sampai proses selesai dan muncul tulisan Successfully, jika sudah muncul tulisan tersebut biasanya secara otomatis akan memverifikasi ini ic apakan sudah sesuai jika tombol Auto Verify kita centang sebelumnya.

7. Langkah ketujuh biasanya sering sayang gunakan untuk memastikan apakah benar2 sudah sama persis dengan IC yang sudah saya copy maka saya perlu klik tombol Verify , tunggu sampai proses selesai dan muncul tulisan Verify Successfully.

Sebenarnya penggunaannya cukup mudah, Kesalahan yang biasa terjadi adalah kita tidak memperhatikan kebersihan kaki2 ic sehingga waktu kita melakukan pembacaan isi IC akan tidak sesuai dengan yang sebenarnya, bahkan IC yang kita pasang tidak terdeteksi sama sekali.