Keyboard rusak karena usia

Benarkah keyboard usia tua sudah tidak layak pakai dan apakah saya harus ganti dengan keyboard lebih muda atau keluaran terbaru ??
Berikut adalah hal2 yang mungkin lebih penting di perhatikan dari pertanyaan di atas :
  • Saya menghitung usia keyboard dari lama pemakaian bukan dari tahun di produksinya artinya jika anda menggunakan keyboard anda secara rutin 3 jam perhari maka dalam 30 hari lama pemakaian anda adalah 90 jam. Peralatan elektronika jika digunakan terlalu lama dari standart pasti juga akan mengalami kerusakan.
  • Saya melihat keyboard usia muda sudah banyak yang rusak bahkan lebih rentan rusak dari pada keluaran lama, ini karena di sebabkan penurunan kualitas komponen dari pabriknya yang beralasan untuk menekan biaya produksi sehingga mampu di jual dengan harga yang terjangkau atau lebih murah misal merk Yamaha.
  • Perawatan : Seperti komponen elektronika yang lainya keyboard juga butuh perawatan supaya lebih awet, contoh perawatan ringan adalah membungkus keyboard pada saat tidak digunakan, membersihkan secara rutin debu dan mengguakan sumber tegangan atau listrik yang stabil.
  • Cara pemakaian : Keyboard yang sering digunakan keluar rumah lebih rentan rusak di karenakan keyboard sering terkena getaran pada saat membawa baik itu pakai motor atau mobil dan mungkin juga sering terbentur. Keyboard yang sering terpapar langsung dengan sinar matahari lebih sering rusak di bagian LCD.
Fakta : Dari pengalaman pribadi saya lebih banyak menjumpai keyboard keluaran terbaru yang lebih banyak rusak, Khusus untuk merk yamaha pada tahun 2013 merupakan rangking tertinggi merk keyboard yang sering rusak, jenis kerusakan ini biasanya di karenakan kualitas Produknya yang jelek Tapi ada juga dari merk yamaha tipe tertentu yang awet. Untuk itu jika anda berniat mengganti keyboard anda yang lama sebaiknya tanyakan dulu kepada pihak yang lebih tahu sebelum anda menyesal di kemudian hari karena ternyata keyboard baru anda lebih sering error di banding dengan yang lama.