Jenis midi menurut format filenya

Sekedar informasi aja bagi yang belum tahu tentang macam2 format midi jika ada kesalahan penulisan mohon di koreksi,

Jenis midi  untuk keyboard, seperti yang anda ketahui tidak semua midi bisa di putar di keyboard anda, memang betul karena masing2 keyboard memiliki spesifikasi yang berbeda, tapi ada salah satu format midi yang standart dan mampu di putar di berbagi merk dan tipe keyboard yaitu GM 0, midi format GM0 adalah versi standart format midi jadi hampir semua keyboard mampu memutar midi format ini.

Jika format midi tidak sesuai dengan tipe atau merk keyboard anda maka suara yang dihasilkan akan berantakan, bahkan tidak bisa di putar sama sekali, sebenarnya untuk merk terkenal seperti yamaha dan roland, mereka mengeluarkan jenis format sendiri yaitu untuk rolan format GS dan yamaha format XG.

Merk keyboard yang paling ramah hingga mampu memutar berbagai format midi ialah merk yamaha, yamaha mampu memutar dari banyak jenis format midi yang ada misal, GM, XG, GS. sedangkan untuk roland model lama hanya mampu memutar format GS0 dan GM0, angka dibelakang menandakan versi dari format midi tersebut, misal GS0 kemudian keluaran terbaru format GS1.

Untuk itu jika anda download midi tidak semua mampu di mainkan di keyboard anda jikapun bisa suaranya akan rusak, dan tidak sesuai dengan lagunya. untuk melihat format dari masing2 midi bisa menggunakan software gratisan, untuk mencari softwarenya bisa menggunakan google, salah satu dari software tersebut adalah midi database, dalam software ini anda akan bisa melihat format midi yang anda download sehingga anda bisa menyesuaikan dengan merk dan keyboard anda.

Tapi jangan khawatir, midi yang saya jual ada garansinya, untuk itulah penting bagi saya untuk menanyakan merk dan tipe dari keyboard yang anda miliki.