Sistem operasi yang cocok dengan nirkabel

Ada sejumlah sistem operasi open source yang menyediakan tool yang berguna untuk bekerja dengan jaringan nirkabel. Semua ini ditujukan agar dapat dipakai di PC bekas atau perangkat keras jaringan lainnya (daripada di laptop atau server) dan tune untuk membuat jaringan nirkabel. Beberapa proyek ini termasuk:

  • Freifunk. Berbasis proyek OpenWRT (http://openwrt.org/), Freifunk firmware memungkinkan OLSR berjalan di akses point berbasis MIPS, seperti Linksys WRT54G/WRT54GS/WAP54G, Siemens SE505, dan lainnya. Dengan secara sederhana mem-flash salah satu dari AP dengan Freifunkfirmware, anda dapat secara cepat membuat OLSR mesh yang membentuk diri sendiri. Freifunk sekarang tidak tersedia untuk mesin arsitektur x86. Freifunk diurusi oleh Sven Ola dari kelompok nirkabel Freifunk di Berlin. Anda dapat mendownload firmware dari http://www.freifunk.net/wiki/FreifunkFirmware.
  • Pyramid Linux. Pyramid adalah distribusi Linux untuk penggunaan embedded platform yang berevolusi dari Pebble Linux yang sangat diminati. Linux ini mendukung beberapa card nirkabel yang berbeda, dan mempunyai interface web serderhana untuk mengkonfigurasi interface jaringan, port forwarding, WifiDog, dan OLSR. Pyramid disebarkan dan dikelola oleh Metrix Communication LLC, dan tersedia di http://pyramid.metrix.net/.
  • m0n0wall. Berdasarkan FreeBSD, m0n0wall adalah paket firewall yang lengkat namun sangat kecil yang menyediakan layanan AP. Paket ini dikonfigurasi dari interface web dan keseluruhan konfigurasi sistem disimpan dalam satu file XML. Ukurannya yang sangat kecil (kurang dari 6MB) membuatnya menarik untuk penggunaan di embedded sistem yang sangat kecil. Tujuannya adalah menyediakan firewall yang aman, dan untuk ini itu tidak termasuk tool userspace (Bahkan tidak mungkin untuk masuk ke dalam mesin melalui jaringan). Meskipun ada keterbatasan ini, paket ini adalah pilihan populer untuk pembuat jaringan nirkabel, khususnya mereka dengan latar belakang di FreeBSD. Anda dapat mendownload m0n0wall dari http://www.m0n0.ch/.

Semua distribusi ini didesain untuk sesuai dengan mesin dengan penyimpanan terbatas. Jika anda menggunakan flash disk atau hard drive yang sangat besar, anda tentu bisa menginstal OS yang lebih lengkap (seperti Ubuntu atau Debian) dan menggunakan mesin tersebut sebagai router atau akses point. Akan membutuhkan waktu pengembangan yang cukup lama untuk memastikan bahwa semua alat yang diperlukan sudah ada, tanpa menginstal paket yang tidak perlu. Dengan memakai salah satu proyek ini sebagai titik awal untuk membuat node radio, anda akan menyelamatkan cukup banyak waktu dan usaha.