Kelemahan keyboard roland G-1000

Roland memang masih menjadi peringkat pertama untuk produksi keyboad music, tapi bukan berarti tidak memiliki kelemahan, G1000 merupakan keyboard keluaran lama tapi dilihat dari penggunanya terutama di indonesia keyboard ini masih banyak peminatnya.

Roland G-1000 sudah tidak di produksi lagi, menjadi kendala besar jika anda yang kebetulan mengalami kerusakan yang sangat vital pada keyboard ini, kebanyakan kerusakan yang sering terjadi adalah bagian tombol, tombol sering sekali rusak karena pegas yang di gunakan adalah plastik dan sudah berumur tua, kerusakan berupa putusnya pegangan pada tombol sehingga tombol tidak mau kembali ke posisi semua jika di tekan, untuk spare part nya sendiri memang tidak ada yang jual, solusi yang paling tepat adalah mencari tombol keyboard ke tukang reparasi keyboard terdekat, mungkin dia mempunyai stock dari kanibal keyboard yang sudah rusak.

Untuk segi kualitas suara yang di hasilkan dari keyboard ini memang tidak bisa di kalahkan oleh keyboard keluaran yamaha terbaru dan sangat cocok sekali untuk music dangdut, kerusakan vital keyboard ini juga terjadi di bagian LCD, sering muncul garis-garis pada LCD bahkan LCD terlihat gelap karena lampu pada belakang LCD sudah tidak mau menyala, jika hal itu terjadi maka yang perlu untuk di lakukan adalah mengganti lampu LCD dengan LED yang biasa di gunakan pada handphone dan butuh sekitar 10 buah LED handphone.

Hati-hati pada waktu membuka LCD karena sangat rentan sekali terhadap benturan dan butuh kesabaran untuk memasangnya kembali, penempatan jalur karet pada LCD harus tepat, jika tidak maka akan muncul banyak garis-garis pada layar LCD. dan berikan latar belakang kertas putih pada belakang LCD sehingga lampu LED bisa menyebar ke semua bagian.

Harga LCD yang asli untuk keyboard ini sekitar 2jt tapi bukan barang baru atau 2nd, untuk memesan LCD membutuhkan waktu sekitar 2 minggu sampai satu bulan, memang lama. Tempat reparasi yang mampu memperbaiki LCD keyboard saat ini baru ada di 2 lokasi yaitu jakarta dan semarang. Saya sendiri dulu memang membuka reparasi tapi sekarang sudah tidak lagi karena keterbatasan dana untuk beli spare part yang memang sangat mahal.

jika ada yang perlu di tanyakan silahkan kirim email : orinetmail@gmail.com atau gunakan search untuk mencari artikel yang pernah saya tulis di blog ini. jangan kuatir, konsultasi gratis......