Cara memperbaiki komputer rusak

Untuk meperbaiki atau reparasi komputer yang rusak dapat di molai dengan mengenal efek yang di timbulkan jika salah satu komponen pada CPU rusak. ada beberapa gejala yang bisa anda kenali dengan mudah yaitu :

  • Komputer terlalu lama loading : ini mungkin di sebabkan oleh virus dan banyaknya program yang di instal di komputer anda, langkah penanganan adalah backup semua data dari komputer kemudian instal ulang, jika masih lamban maka tambah kapasitas RAM.
  • Komputer tidak bisa loading windows dan muncul pesan error, maka dapat di simpulkan bahwa salah satu file yang di butuhkan untuk loading windows rusak atau hilang, mungkin di sebabkan karena harddisk bad sector atau virus. langkah pertama yang harus di lakukan adalah dengan melakukan re-instal pada windows. jika masih terjadi maka harddisk anda rusak atau bad sector, download software HDregenerator untuk memperbaiki harddisk yang bad sector tersebut.
  • Komputer tidak bisa hidup sama sekali dan terdengar bunyi beep, bunyi beeb yang berurutan dapat di sebabkan karen RAM anda rusak atau kotor, yang kedua adalah VGA anda rusak, untuk bunyi beep untuk VGA yang rusak adalah terdengar dua kali beep secara terus menerus. Langkah penangannya adalah dengan membuka VGA dan membersihkan PCB dari debu. jika masih rusak coba ganti dengan yang baru.
  • Komputer tidak mau nyala sama sekali dan tidak terdengar bunyi Beep, hal ini biasanya MB atau motherboard komputer anda rusak dan perlu sekali untuk di ganti.
  • Komputer sering mati sendiri secara mendadak, ada dua penyebab yang bisa menimbulkan kerusakan seperti ini, biasanya adalah karena virus, namun jika masih terjadi maka kemungkinan besar adalah karena power supply anda molai drop, langkah sementara adalah dengan mencopot komponen yang tidak di pakai seperti CDROM dan Floppy disk drive dan nyalakan kembali, jika masih restart atau mati secara mendadak maka power supply komputer anda perlu di ganti.
  • Pada layar monitor muncul garis-garis biasanya di sebabkan karena VGA rusak atau layar monitor anda memang sudah rusak, coba ganti dengan monitor lain dan lihat efeknya, jika masih terjadi maka anda perlu mengganti VGA yang rusak tersebut.
  • Komputer tidak mau nyala sama sekali dan kipas tidak berputar, langkah yang harus di lakukan adalah coba hubungi kantor PLN mungkin sedang pemadaman bergilir, untuk langkah selanjutnya adalah beli genset sendiri atau beli UPS yang tahan sampai tahunan........ he he he.!!!!!!
  • Jika semua kerusakan komputer tidak ada yang sama seperti yang saya sebutkan di atas maka langkah yang paling manjur adalah bawa ke reparasi komputer terdekat atau beli komputer baru.
Sekian tulisan dari saya, jika masalah komputer anda belum teratasi dan masih pusing mencari jalan keluarnya cobalah minum obat sakit kepala kemudian lempar komputer anda ke sungai dan pergi berlibur, mungkin dengan itu masalah anda akan hilang.