strategi usaha warnet

Persaingan berbagai provider memang memberikan dampak baik dari segi harga, yang berakibat koneksi internet sekarang jauh lebih murah dari pada tahun lalu, dari segi penggunaan sudah berkembang lebih baik, namun kalau dilihat dari segi kualitas masih jauh di banding negara maju yang lainnya.

Yang menjadi ketakutan besar para pemilik warnet adalah akankan berkurang jumlah pengunjung warnet dengan adanya kemudahan yang di berikan para provider atau operator telekomunikasi, faktanya adalah sekarang kita bisa ber-internet hanya dengan uang 5rb untuk pulsa GPRS sambil tiduran di rumah tanpa harus pergi ke warnet.

apakah ini menjadi mimpi buruk bagi pengusaha warnet???, memang kenyataan seperti itu. tapi bukan berarti kita harus menyerah begitu saja, dalam sebuah usaha persaingan adalah hal yang wajar, tanpa persaingan justru kita tidak berkembang menjadi lebih baik. masih banyak hal-hal yang bisa dilakukan untuk menarik kembali para pengunjung warnet.

jika alam saja bisa ber-evolusi kenapa sebuah usaha tidak bisa melakukan hal yang sama, kita bagi pengusaha warnet memang harus mampu beradaptasi dengan keadaan sekitar, kita harus pandai mempelajari berbagai perkembangan dari usaha kita. dengan adalanya kejadian ini maka para memilik warnet di paksa untuk berfikir kembali untuk mengembalikan pemasukan yang semakin lama semakin berkurang.

ini adalah contoh inovasi yang di lakukan oleh beberapa pengusaha warnet :
  • Sekarang para pengusaha warnet melakukan pembaharuan alat atau komputer mengikuti perkembangan yang sekarang, sekarang sudah jarang sekali warnet yang masih menggunakan pentium 3, sehingga para pelanggan merasa nyaman.
  • Mengganti monitor model lama ke generasi yang lebih baru LCD monitor ternyata membawa perubahan baik dan mampu menarik pelanggan lebih banyak.
  • Dengan menyediakan berbagai macam aksesoris seperti flashdisk dan yang lainnya mampu menambah pemasukan perharinya.
  • Mengecat ulang dan memberikan spanduk baru atau papan nama yang baru juga berakibat baik dan memberikan kesan bahwa sudah ada kemajuan dari warnet tersebut.
  • Membuat kecepatan koneksi yang stabil sekarang menjadi andalan para pengusaha warnet, karena ber-internet dengan menggunakan HP, atau modem telepon masih memiliki kualitas koneksi yang naik turun, hal ini memberikan nilai lebih dari warnet tersebut.
  • Tempat duduk yang nyaman dan besih sekarang menjadi perhatian bagi para pengusaha warnet, ruang bebas merokok bisa memberikan kemudahan bagi mereka yang suka merokok dan tidak merugikan bagi yang tidak merokok.
  • pelayanan yang lebih ramah dan tersedianya berbagai makanan ringan dan minuman mampu menarik minat para pengunjung warnet.
  • Yang terakhir adalah banyak berdoa, memohon ampun kepada tuhan karena kesalahan yang telah dilakukan masa lalu yaitu tidak memblokir situs porno,........hanya bercanda jangan marah-marah dulu bagi yang merasa tersinggung........!!!!!! hee hee hee...
Masih banyak yang sudah dilakukan para pengusaha warnet selain yang saya sebutkan di atas seperti menyediakan game online yang lebih komplit. Pesan saya untuk para pengusaha warnet adalah jangan menyerah dan jangan mau kalah, lihat di negara maju, masih banyak warnet yang berdiri seperti di amerika walaupun teknologi dan para penggunanya sudah memiliki koneksi internet di rumah mereka tapi mereka masih mau pergi ke warnet, mungkin karena para operatornya cantik-cantik....saya kurang tahu.....???
sekian tulisan saya semoga bisa memberikan semangat.