Mengapa menggunakan jaringan wireless ??

Text ColorPada saat anda sedang di kantor atau dirumah semua peralatan bisa di gabungkan dalam sebuah jaringan misal menggabungkan komputer, handphone, CCTV camera, Notebook, dan lain sebagainya, bayangkan jika anda menggabungkan semua itu dengan hanya menggunakan kabel, bisa-bisa rumah atau kantor di penuhi dengan kabel-kabel yang lalu-lalang di semua lokasi.

Tentu dengan mudah jika bisa menghubungkan semua peralatan elektronika itu dalam sebuah jaringan induk yang terorganisir dengan memiliki sistem keamanan yang memadai, solusinya adalah dengan menggunakan wireless. di samping installasi yang mudah, juga tidak memerlukan ruang untuk menggantungkan kabel di diding rumah anda.

Kehebatan wireless yang lain adalah semasa masih dalam jangkauan sinyal wireless kita bisa terhubung hal itu membuat kita mudah untuk mobile tanpa harus duduk di sudut ruangan untuk menggunakan notebook yang terhubung internet. kecepatan yang tinggi mampu menanganni banyak peralatan dalam waktu bersamaan, dan dapat di gunakan oleh beberapa user secara bersama-sama. pada dasarnya wireless hanya sebuah alat penghubung sebagai pengganti dari kabel.

Tentu saja tanpa kita sadari hampir sebenarnya jaringan wireless sudah tersebar banyak di indonesia, molai dari 3G dan hotspot di cafe sampai dengan peralatan CCTV, dan handphone model terbaru mengusung fitur wireless ini sebagai andalan mereka.

Mudahnya menghubungkan jaringan antar desa dan dari kota kedesa tanpa harus menarik kabel berkilo-kilo meter, penghematan banyak dana dari segi instalasi tentunya membuat para investor tertarik untuk mengembangkan tecknologi ini. genarasi wireless terbaru yaitu wimax, dengan munculnya wimax membuat kekurangan jaringan wireless dimasa lalu dapat di atasi, misal daya pancar kurang jauh dan daya tranfer kurang besar atau penuhnya channel karena banyak pengguna wireless.

Kemudahan mendapatkan alat :
untuk mendapatkan peralatan untuk membangun sebuah jaringan wireless memang di perlukan sebuah pengetahuan khusus, sebelum membeli peralatan ada baiknya anda merancang dulu anggaran, jarak jangkau, dan kegunaan, dll.
Peralatan memang mudah di dapat dengan harga yang sangat mudah, peralatan sudah banyak tersedia di toko-toko komputer di kota-kota besar ada beberapa contoh peralatan yang di butuhkan untuk membuat jaringan wireless :
  • Antenna : dalam komunikasi menggunakan gelombang radio antena berfungsi sebagai penyebar sinyal, jauh dan tidaknya jangkauan tergantung dari kualitas antena tersebut.
  • AP : akses point merupakan peralatan untama dari jaringan wireless, yang berfungsi sebagai pemanfar dan penerima dari sinyal wireless kemudian di terjemahkan ke peralatan-peralatan yang terhubung dalam jaringan.