Antena wireless murah semarang

Artikel ini membahas tentang bagaimana memilih antena wireless untuk rt-rw-net termurah dan yang paling mudah untuk di buat dengan peralatan seadanya.
Bermula dari konsep membangun jaringan wireless internet yang murah dan terjangkau untuk masyarakat luas tentunya anggaran adalah hal penting yang harus di perhitungkan, dengan acuan bahwa penggunaan peralatan murah tetapi bisa mendapatkan kualitas yang baik atau dengan kata lain murah tapi tidak murahan.
Karena jarak pancar antena wireless untuk rt-rw-net berkisar antara 1-3 km maka saya akan membagi menjadi 3, atau dengan kata lain 3 jenis peralatan yang cocok untuk masing jarak pelanggan. Klik disini untuk lebih detail.

1. Antena wireless untuk rt-rw-net dengan jarak 0 - 1 km.
Jenis antena yang paling cocok dan yang paling murah untuk jarak max 1km adalah antena kaleng, antena biquad dan usb wifi yang di beri antena tambahan 5dB. antena kaleng sangat mudah dan sangat murah biaya produksinya, yang di perlukan hanyalah konektor usb dan usb wifi, kabel UTP, kaleng bekas. dana yang di butuh kan untuk membuat antena kaleng berkisar antara 300-350rb perbuahnya. ( untuk melihat cara pembuatan antena kaleng bisa di lihat di kolom archive )

2. Antena wireless untuk rt-rw-net dengan jarak 1 - 2 km.
Jenis antena yang paling cocok dan yang paling murah untuk jarak max 2km adalah antena wajanbolic walaupun di berbagai artikel yang lain tertulis 4-6 km namun jarak tersebut tidak bisa di pastikan karena untuk kondisi lokasi yang berbeda daya pancar yang bagus max 2km.
( untuk melihat cara pembuatan antena wajanbolic bisa di lihat di kolom archive )

3. Antena wireless untuk rt-rw-net dengan jarak 2 - 3 km.
Jenis antena yang paling cocok dan yang paling murah untuk jarak max 3km atau lebih adalah antena grid tapi antena grid juga bisa di gunakan untuk jarak lebih dari 3km dengan menggunakan access point yang memiliki dB besar, tapi dalam hal ini saya menganjurkan untuk menggunakan USB wifi yang memiliki konektor external SMA untuk menekan harga semurah mungkin.

Penggunaan peralatan yang saya sebutkan di atas telah saya uji sendiri dalam keadaan interferensi yang cukup tinggi atau dengan kata lain kepadatan sinyal wireless yang tinggi, tapi di lain lokasi berbeda dan untuk dataran yang rata bisa di gunakan lebih dari jarak max yang sudah saya sebutkan. syarat pemasangan antena wireless harus LOS atau tanpa halangan gedung atau pohon yang lebat.