Teknik Instalasi Router WaveLAN 2-11Mbps di 2.4GHz

Teknik Instalasi Router WaveLAN 2-11Mbps di 2.4GHz
Onno W. Purbo

Kebutuhan akan sambungan Internet berkecepatan tinggi yang handal semakin terasa saat ini. Kompetisi yang tajam diantara WARNET, Lembaga Pendidikan, Perkantoran membutuhkan solusi akses Internet berkecepatan tinggi. Modem telepon 33.6-56Kbps menjadi usang dalam kompetisi yang demikian tajam, akses Internet kecepatan 64Kbps, 128Kbps hingga 2-11Mbps menjadi dambaan banyak pengusaha WARNET. Sayang sekali infrastruktur Telkom yang ada sekarang ini tidak memadai untuk dipakai pada kecepatan tinggi hingga 2-11Mbps secara reliable dan murah. Paling murah harus membayar Rp. 10 juta / bulan ke Telkom untuk menyewa leased line 2Mbps. Peralatan WaveLAN buatan sendiri membutuhkan Rp. 20 juta-an se pasang (satu link), jadi hanya 2 bulan langganan ke Telkom sudah balik modal.

Berbagai solusi alternatif sambungan ke Internet telah di gunakan banyak orang mulai dari PC-modem dial-up, leased line via Telkom, VSAT semua mempunyai kendala (terutama biaya) pada akses Internet berkecepatan tinggi. Dengan mahalnya solusi kecepatan tinggi yang diberikan maka solusi wireless menjadi menarik karena ternyata memberikan solusi yang relatif murah untuk akses data kecepatan tinggi. Pada prinsip-nya ada dua (2) solusi utama, yaitu:

  • Teknologi Satelit untuk jarak jauh – contohnya adalah MELESAT, PalapaNet & TurboNet yang paling murah & masih masuk ke kelas DirectPC.
  • Teknologi CDMA / WaveLAN untuk jarak pendek 5-10 km.

Pada kesempatan ini kami akan membahas teknik menginstalasi router WaveLAN yang murah agar dapat mengkaitkan sebuah LAN ke jaringan Internet. Router WaveLAN built-up dapat dibeli dari beberapa perusahaan di Indonesia maupun langsung dari Amerika Serikat seharga sekitar US$3000-an per buahnya. Mahal sekali memang, oleh karena itu akal-akalan perlu kita lakukan untuk menekan harga supaya menjadi sangat murah sekitar Rp. 20-an juta sepasang (satu link). Rekan-rekan yang aktif mengusahakan router WaveLAN yang murah ini terutama di motori oleh aulia@wahid.com dan AI3-ITB (dedi@ai3.itb.ac.id).

Download Artikel lebih lengkap