TEKNOLOGI WAP

TEKNOLOGI WAP

Wireless Application Protocol (WAP) merupakan standar global dikembangkan untuk keperluan Internet dikembangkan untuk keperluan mobile. WAP menggunakan flatform teknologi dan format Internet yang sama dengan pengaksesannya menggunakan handphone. Website yang dibangun dengan menggunakan flatform WAP dapat dengan mudah dilihat informasinya melalui hanphone. Dengan demikian maka informasi akan mudah dilihat tanpa perlu lagi mencari koneksi internet dengan komputer.
Website yang dapat diakes dengan teknologi WAP akan memiliki keunggulan lebih yaiutu dapat diakses dengan mudah melalui handphone, namun walaupun banyak kelebihan yang ditawarkan, kekurangganya sangat mencolok yaitu terbatasnya tampilan yang muncul di layar hanphone akibat kecilnya monitor di handphone A.

Sejarah Wireless Application Protocol (WAP)
Awal kemunculan WAP dimulai oleh riset yang dilakukan Ericson pada tahun 1995 dengan mengembangkan protokol umum yang disebut Intelligent Terminal Transfer Protocol (ITTP) yang memungkinkan adanya nilai tambah/service pada handphone.
Selama tahun 1996 dan 1997, Motorola, Nokia, dan Planet Unwired ( sekarang Phone.Com) meluncurkan konsep serupa. Planet Unwired memperkenalkan Device Markup Language (HDML) dan Handheld Device Transport Protocol (HDTP) sama halnya dengan Hyper Text Markup Language (HTML) yang digunakan pada world wide web (www). HDML digunakan untuk memperlihatkan isi website atau sebagai user interface dan sangat sesuai digunakan untk aplikasi wirelles internet access dengan limit transfer data yang sangat kecil.Protoko HDTP dapat dianggap samag dengan protokol HTTP yang digunakan di Internet untuk kepeluan akses wirelles pada client.
Bulan Maret tahun 1997 Nokia memperkenalkan Konsep Smart Messaging yang khusus dirancang untuk GSM. Dimana komunikasi antara handphone dengan internet dilakukan melalui Short Message Service (SMS) dan pemrograman bahasa yang disebut Tagged Text Markup Language (TTML) sama dengan HDML. Untuk membuat protokol yang sama, maka pada kemepat perusahan tersebut sepakat membetuk forum WAP yang dilaksanakan pada tanggal 26 Juni 1997, dimana tanggal tersebut dianggap sebagai awal kelahiran dari protokol Wireless Aplication Protocol (WAP).