Orinet. Powered by Blogger.
Tag:

Cara memilih monitor komputer

Saya kira kita semua setuju bahwa monitor komputer yang bagus dan sesuai kebutuhan akan menunjang pekerjaan di kantor ataupun di rumah. Monitor komputer yang Anda miliki sekarang mungkin dibeli bersamaan dengan CPU-nya dahulu, dan Anda merasa bahwa monitor tersebut sudah tidak sesuai lagi dengan tuntutan pekerjaan.

Monitor komputer yang bagus berkualitas - Nah, jika Anda ingin membeli monitor baru ataupun meng-upgrade monitor lama dengan yang baru, maka berikut ini adalah tips memilih dan membeli monitor komputer yang bagus dan berkualitas.

Harga monitor - Harga selalu menjadi pertimbangan pertama dalam membeli apapun, dan itu bisa dimaklumi. Harga monitor tergantung pada tipe, ukuran dan fitur layar. Misalnya makin besar ukuran, fitur lebih lengkap, atau tipe LED yang lebih maju dari LCD maka harganya juga lebih mahal. Jadi siapkan budget ekstra jika ingin mendapatkan monitor dengan spek lebih berkualitas. Untungnya saat ini harga monitor komputer semakin turun.

Ukuran monitor - Ukuran monitor LCD dan LED berada pada rentang 15 inch – 32 inch, dan panel diukur secara diagonal. Ukuran monitor yang lebih besar sering dianggap lebih baik, walaupun mungkin tidak praktis mengingat kendala di ruang desktop. Selain itu ukuran monitor selalu berbanding lurus dengan harganya. Jika Anda banyak bekerja dengan aplikasi MS Words atau Excel, monitor komputer ukuran 17 – 19 inch sudah cukup ideal. Jika Anda menginginkan kepuasan dalam menonton film ataupun untuk gaming, monitor ukuran 27 inch bisa menjadi pilihan. Jika Anda membutuhkan set-up dual monitor dengan layar tunggal maka monitor ukuran 29 inch atau lebih layak menjadi pertimbangan.

Resolusi monitor - Resolusi adalah ukuran piksel atau titik pada layar. Resolusi yang lebih tinggi atau piksel yang lebih banyak, direkomendasikan untuk ukuran monitor yang lebih besar atau jika menginginkan lebih banyak detail. Saat ini untuk monitor 17 inch – 19 inch resolusi yang umum adalah 1280 x 1024.