Search This Blog

Loading...

Cara merawat keyboard roland E96-E86-EM

Cara merawat keyboard roland, dalam tulisan ini saya akan mencoba membagi sedikit tips cara merawat keyboard roland kesayangan anda, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Usahakan saat anda memainkan keyboard jangan sambil memegang rokok, inilah kesalahan yang sering dilakukan oleh para player, ketika debu rokok masuk melalui celah-celah toot kemudian menumpuk pada permukaan karet contact yang ada di bawah toot keyboard anda bisa menyebapkan salah satu toot tidak berbunyi karena debut yang menempel pada permukaan karbon toot akan menghambar arus listrik, dalam kasus lain toot masih tetap bisa berbunyi hanya saja suaranya rusak. ( jangan mencoba membersihkan permukaan karbon dengan cairan apapun karena akan membuat karbon luntur, gunakan kertas tisu dan sedikit air untuk membersihkan )
  • Pada saat anda memasukkan keyboard kedalam tas roland jangan menempatkan adaptor atau power supply di kantong bagian atas, karena posisi itu persis di atas LCD keyboard, dan jika terjadi benturan akan menyebapkan layar LCD rusak parah, di samping harga layar LCD untuk keyboard E-96 / E-86 berkisar antara 1.5jt-2jt mencari spare partnya juga sulit sekali.
  • Gunakan selalu stabilizer tegangan, saat pemakaian di gedung atau tempat resepsi biasanya listrik yang di gunakan adalah dengan genset, voltase yang naik turun secara terus menerus akan menyebapkan beberapa IC pada keybord roland anda rusak, terutama IC memory yang fungsinya menyimpan sementara hasil loading style. jika IC memory rusak akan menyebapkan keyboard blank atau tidak bisa beroperasi sedikitpun.
  • Berikan bantalan tambahan di tas, hal itu membuat keyboard anda akan lebih awet jika terjadi benturan, benturan sekecil apapun jika terjadi secara rutin akan menyebapkan rusak juga, karena biasanya keyboard sering di bawa keluar.
  • Cabut floppy disk jika proses loading selesai, jangan lupa memasukkan floppy secara permanen di dalam disk drive keyboard roland anda. Floppy adalah komponen yang paling sering rusak, dan komponen pengganti floppy disk drive tidak bisa di dapat dengan mudah seperti anda memberli floppy disk drive untuk komputer, karena sistemnya berbeda.
  • Usahakan bender keyboard anda tidak dalam posisi terjepit oleh tas, dan usahakan pada saat menyimpan kembalikan posisi bender kedalam keadaan normal, perlu di ketahui potensio pada bender anda tidak sama dengan potensio yang ada di pasaran elektronika.
  • Jangan terlalu lama toot anda terkena sinar matahari secara langsung, karena akan membuat toot yang semula putih berubah menjadi agak ke kuning-kuningan. dan sulit sekali untuk di bersihkan dengan cairan pembersih apapun.
  • Jika keyboard roland anda rusak, jangan sekali-kali memperbaiki di tempat reparasi biasa, harus yang spesialis reparasi keyboard roland, karena hanya para teknisi yang tercatat saja yang bisa membeli komponen yang akan di ganti jika rusak, dan di perlukan alat khusus untuk mengetahui kerusakan pada keyboard anda.
Hanya itu yang bisa saya share untuk saat ini, jika ada pertanyaan anda bisa mengirim komentar pada blog ini atau mengirim email ke saya. pasti akan saya jawab. terimakasih semoga bisa membantu.