Search This Blog

Loading...

antena wireless terbaik

Cara memilih antena wireless terbaik bukanlah hal yang mudah, berbagai macam pertimbangan perlu dilakukan, antena wireless adalah hal yang penting dalam jaringan wireless, antena mempu mempengaruhi kualitas dan kecepatan tranfer data hal itulah yang membuat antena sebagai komponen yang sangat penting.
Pertimbangan pertama untuk memilih antena wireless adalah lokasi dan jarak antara penerima dan pemancar, untuk jarak yang tidak terlalu jauh dan untuk mencakup lokasi yang luas sangat cocok sekali menggunakan antena yang memiliki sudut pancar 360 derajat atau mampu menjangkau dari semua arah, namun antena yang memiliki sudut 360 derajat rata-rata memiliki daya jangkau yang rendah.
Untuk lokasi yang jauh dari pemancar penggunaan antena yang terbaik adalah antena sectoral atau antena yang memiliki daya pancar yang terarah, rata-rata antena ini mampu memiliki sudut pancar 45-90 derajat, semakin lebar daya pancar antena maka akan semakin kecil pula daya jangkau dari antena tersebut.
Penempatan antena di lokasi tertinggi belum tentu dapat menghasilkan kualitas sinyal yang bagus karena masing-masing antena memiliki karakteristik tersendiri. untuk memilih antena di anjurkan terlebih dahulu mengetahui sudut pancar vertikal dan horizontal dari antena tersebut. berikut adalah contoh dari penggunaan antena yang sudah banyak di gunakan.
  • antena grid : biasanya di gunakan untuk jarak yang jauh daya pancar 45-90 derajat.
  • antena omni : biasanya digunakan untuk jarak yang cukup dekat daya pancar 360 derajat.
  • antena pacth : di gunakan untuk jarak menengah dan biasanya untuk client.
Daya jangkau antena biasanya di tentukan oleh nilai dB / gain dari antena tersebut, ada beberapa contoh nilai dB yang di produksi oleh produsen antena baik luar negeri ataupun lokal misal, 5dB, 8dB, 10dB, 12dB, 14dB, 15dB, 16dB, 17dB,18dB,24dB dan lain sebagainya.